Beranda » Uncategorized » Perjalanan Menuju Pahawang Lampung
pahawang

Pahawang lampung

Perjalanan Menuju Pahawang Lampung

Lampung adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera pada sisi bagian selatannya memang memiliki keistimewaan dimana terdapat teluk- teluk yang membentang sepanjang lampung. Dari banyak tempat wisata destinasi alam, dari wisata gajah way kambas, gunung krakatau, gunung tanggamus,air terjun  padang cermin, wista bahari. Tempat yang terkenal di Lampung yang selanjutnya ialah pantai pahawang, tegalmas, dan juga pulau pahawang, pulau yang sangat cantik dan indah.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Lampung, salah satunya adalah pulau Pahawang yang sangat indah, dan trip yang dilakukan ialah expoler pahawang. Nama Pahawang itu di ambil dari nama pak awang, yang dimana dahulu hanya di datangi turis luar saja, akan tetapi pada tahun 2014 pahawang  mulai populer dan mencuat di kalangan para wisatawan, yakni terutama di kalangan para wisatawan penggemar jenis wisata bahari yang suka berfoto dengan ikan nemo.

Pulau Pahawang ini bahkan mendapat julukan sebagai serpihan surga yang jatuh ke bumi dan tersembunyi. Pulau ini merupakan salah satu spot snorkeling yang memiliki keindahan pemandangan bawah laut yang unik dan indah dan masih belum begitu banyak terjamah tangan manusia. Terdapat banyak spot atau lokasi tempat tujuan snorkeling yang dipenuhi dengan terumbu karang dan juga aneka ikan warna-warni salah satunya ikan nemo yang menjadi ikon aikonik pahawang.

Bagi warga Jakarta, palembang, dan lainnya, pulau Pahawang saat ini memang sedang menjadi salah satu destinasi wisata baru yang sedang trend menjadi tujuan wisata terutama pada saat weekend. Lokasinya relatif cukup dekat dari ibukota Jakarta memudahkan pulau Pahawang ini menjadi tempat wisata favorit.

 

Lampung punya keindahan bahari yang bisa kamu selami. Ada Pulau Pahawang yang pesonanya selalu mengundang traveler untuk datang.

Liburan merupakan aktifitas yang paling mujarab untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari. Selain menyenangkan, liburan juga memiliki segudang manfaat, baik untuk fisik maupun mental.

Untuk menciptakan sebuah liburan yang menyenangkan, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karna di Indonesia pun terdapat beragam wisata yang jauh lebih menarik. Salah satunya yaitu Pulau Pahawang.

 

PERJALANAN KE PULAU PAHAWANG, LAMPUNG

Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Untuk menuju ke lokasi ini saya harus menggunakan bus dari terminal bogor menuju pelabuhan merak, berikutnya aku lanjutkan menggunakan transportasi laut dari pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni sayapun melanjutkan perjalanan menuju Desa Ketapang menggunakan minibus.

Dalam perjalanan, ada banyak sekali gapura tradisional khas lampung yang aku temui. Selain itu, sawah-sawah berwarna hijau, gunung-gunung dan perbukitan melengkapi perjalananku menuju pulau Pahawang.

Beberapa jam perjalanan, akhirnya saya sampai di Desa ketapang. Disini saya dapat menyewa alat snorkling, membeli makanan dan menyiapkan segala perlengkapan yang saya butuhkan. Setelah itu barulah saya menuju Pulau Pahawang menggunakan kapal.

SNORKELING DI PULAU KELAGIAN

Sebelum ke Pulau Pahawang, wisatawan akan melewati pulau kelagian kecil. Disini kita bisa snorkeling dan menikmati panorama bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang dan ikan-ikan cantik akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Setelah puas snorkling, saya melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pahawang. Tak perlu waktu yang lama, aku sudah sampai di dermaga pulau Pahawang. Disini banyak sekali wisatawan yang berlalu lalang, Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sampai di Pulau Pahawang saya segera masuk kesalah satu rumah warga yang digunakan sebagai homestay. Disini memang banyak sekali Homestay milik warga yang dapat di sewa, sehingga para wisatawan tidak perlu kesulitan mencari tempat untuk menginap.

BATU CANDI TAMAN NEMO PULAU PAHAWANG

Tidak lama istirahat di Homestay, saya melanjutkan perjalanan menuju Batu Candi Taman Nemo.

Disini saya dapat melihat berbagai jenis biota laut yang sangat menggemaskan, disini juga terdapat Batu Candi landmark pulau Pahawang di dasar laut.

Pulau pahawang menyajikan pesona surga bahari yang sangat luarbiasa. Beraneka ragam terumbu karang dan biota lautnya sungguh alami dan memikat hati.

PULAU TANJUNG PUTUS PAHAWANG

Sebetulnya Pulau Pahawang terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Bedanya, Pulau pahawang besar di huni oleh penduduk sedangakn Pulau Pahawag kecil tidak ada penghuninya.

Walaupun begitu, pulau Pahawang kecil memiliki fenomena alam yang sangat mengagumkan, Tanjung Putus merupakan jembatan pasir yang muncul saat air laut sedang surut. Namun, jika air sedang pasang jembatan ini akan putus terendam air laut

Berjalan di atas pasir Tanjung Putus berwarna putih menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tak terasa hari sudah mulai gelap. Matahari pun mulai menghilang di ufuk barat. Detik-detik matahari terbenam di pulau pahawang sangat memukau, Saat itu saya simpan semua gadget yang saya miliki, mencoba fokus kepada satu titik di ujung sana. Situasi seperti inilah yang paling saya tunggu.

Walaupun hari sudah malam, tapi disepanjang pesisir pantai Pulau Pahawang masih ramai oleh wisatawan. Ada yang membakar ikan, membuat barbeque atau sekedar mengobrol dan bernyanyi.

Keesokan harinya aku sudah harus meninggalkan Pulau Pahawang. Sedih sekali rasanya meninggalkan pulau yang cantik ini. Next time kalau ada kesempatan lagi, aku pasti akan kembaluike Pulau Pahawang.

 

Tidak salah bila Pulau Pahawang yang berada di Desa Pahawang, Kecamatan Marga Pinada, Kabupaten Pesawaran, Lampung menjadi ikon terbaru di dunia wisata air. Pulau ini berada di dalam wilayah Teluk Pinduh.

Desa Pahawang terbagi menjadi empat dusun yang semuanya memiliki ciri khas di setiap sudutnya. Selain daratan pulau yang masih alami, juga sisi pantainya yang menyuguhkan keindahan nan eksotik. Hal ini pula yang membuat berbondong-bondongnya wisatawan baik lokal maupun mancanegara kunjungan panorama indah yang disajikan oleh alam.

Sebutlah wahana air yang bening yang dibawa oleh ikan-ikan nemo sambil menari kesana kemari. Dengan melakukan olah raga air snorkeling akan terlihat indahnya dasar laut yang mempesona. Belum lagi semaraknya terumbu karang yang berwarna warni. Akan jarang sekali tumbuh karang bentuk tulang (fosil) dapat dikembangkan secara bersamaan dengan jenis kembang (bunga). Namun, di Pantai Pahawang hal tersebut dapat dinikmati dalam satu area. Olah raga menyelam menjadi sebuah tempat yang dikunjungi ketika mengunjungi tempat ini. Sebab di sini ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat bersuka ria di bawah permukaan udara.

Begitu juga dengan sisi daratan pantai yang senantiasa memanjakan mata dengan indahnya mentari pagi dan sejuknya suasana matahari terbenam. Semua akan menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi pengunjung Pulau Pahawang. Dapat menikmati pulau dengan setiap jengkalnya. Karena saat ini telah dibangun jalan keliling mengitari pulau di sepanjang Pesisirnya. Dan bebatuan cadas di tepi pantai manakala udara surut akan menjadi pemandangan romantis bagi kaum muda.

Masih di pesisir pantai, para pengunjung Pulau Pahawang juga dapat menikmati wisata hutan bakau yang dilengkapi dengan jalur joging di dalam hutan. Selain itu, di sisi sebelah timur Pulau Pahawang juga terletak di Pulau Pahawang Kecil. Meski jaraknya sekitar 800 meter, akan tetapi bisa dilewati dengan berjalan kaki manakala udara di bawah pada surut terendah. Dan pula akan terlihat sebuah dangkalan pasir putih yang biasa disebut Pulau Pahawang dengan Pulau Pahawang Kecil. Airnya yang dangkal pun memberikan keindahan yang khas karena tampak kehijauan.

Saat melakukan wisata ke pulau ini perlu menyediakan waktu khusus untuk bermalam. Menikmati malam di pantai hutan bakau akan menjadi pengalaman yang menarik. Karena suasana malam akan terasa indah dengan merdunya alunan suara alam hempasan ombak yang bersatu padu untuk mengiringi mata terpejam di pondok penginapan atas air.

Begitulah nikmatnya alam yang dapat dieksplore satu demi satu di Pulau Pahawang. Menikmati indahnya alam ciptaan Sang Khalik merupakan sarana untuk mengurai kepenatan yang terlalu kusut dalam pekerjaan sehari-hari.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.